About my Blog

think what I think

Sabtu, 24 November 2012

T i m e r D r a g




PENDAHULUAN

Olahraga Otomotif kian hari makin diminati banyak orang terutama bagi kawula muda. Dengan pengawasan Pengurus daerah Ikatan Motor Indonesia pada tiap-tiap Provinsi dan Regulasi yang dibuat oleh Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia diharapkan Olahraga Otomotif ini menjadi semakin menarik untuk dinikmati bagi penonton, semakin aman untuk diikuti peserta juga menjadikan kualitas dari olahraga ini  lebih meningkat.
Salah satu olahraga otomotif yang diminati adalah DRAG RACE untuk olahraga roda empat (mobil) dan DRAG BIKE untuk olahraga roda dua (motor). Hal ini dapat dilihat pada setiap kegiatan Drag Bike atau Drag Race selalu diikuti 300 sampai 400 peserta dan juga mulai tahun 2005 PP IMI mulai membuka Drag Bike menjadi salah satu cabang olahraga otomotif yang dilombakan dalam satu rangkaian Seri Kejurnas.
Drag Bike / Drag Race merupakan olahraga Otomotif pada lintasan beraspal mulus, berjalur lurus dan tanpa rintangan dengan Jarak antara garis Start ke Garis Finish 201 m (seperdelapan mil) atau 402 M (seperempat mil). Selain lintasan itu dibutuhkan area untuk pengereman atau Brake area sama dengan jarak lintasan yang dilombakan.
Dengan semakin meningkatnya peserta, juga dengan dilombakannya olahraga otomotif ini dalam satu rangkaian seri Kejurnas maka dibutuhkan peralatan yang memadahi, cepat dan akurat. Memadahi dalam hal ini dapat menampung banyak peserta yang ikut serta pada tiap kegitan. Hasil dapat ditampilkan dilihat dengan cepat oleh Crew, Pembalap atau penonton. Pada tiap kegiatan hasil waktu yang didapat pada tiap peserta akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.
Atas dasar itu maka kami menawarkan peralatan yang dapat dipergunakan pada kegiatan-kegiatan Drag race ataupun Drag Bike sehingga kami harapkan olahraga otomotif Drag Race dan Drag Bike dapat berkembang dengan kualitas menjadi lebih baik.


START LAMP (LAMPU START)

Pada dasarnya lampu start ini berfungsi untuk memberikan isyarat bagi pembalap untuk melakukan start yaitu pada saat lampu menyala hijau dan pada saat yang sama lampu start memberikan signal pada Stopwacth timer (penghitung waktu) untuk mulai melakukan counter waktu.
Lampu Star yang kita gunakan sudah menggunakan control digital, sehingga dapat memperkecil semua kesalahan yang dapat terjadi dan waktu perpindahan menyalanya lampu dapat stabil dengan beberapa pilihan jarak waktu menyalanya lampu satu dengan lampu yang lain. Selain itu untuk melakukan Start operator start hanya dengan melakukan sekali tekan saja pada Switch pemicu Start.
Lampu disusun secara berjajar menurun berurutan dengan warna lampu Putih, kuning, kuning, kuning, hijau dan merah. Lampu tersebut dipasang pada masing-masing Line yaitu Line Left dan Line Right, baik pada sisi depan maupun sisi belakang. Dengan penjelasan warna lampu Putih menunjukkan Pre State memberi petunjuk pada pembalap untuk persiapan lampu State dan bahwa Start dimulai. Warna lampu kuning sebanyak 3 buah menunjukkan State bahwa persiapan bagi pembalap untuk melakukan start. Warna lampu hijau menunjukkan Start bahwa pembalap baru boleh melakukan Start. Warna lampu Merah menunjukkan pembalap dinyatakan Jump Start (mencuri start) karena dia menjalankan kendaraanya sebelum lampu hijau hidup.



SENSOR JUMP START

Sensor Jump Start Ini dipasang di Garis Start, berfungsi untuk mendeteksi jika ada pembalap yang mencuri start atau jump start. Sensor ini pada masing-masing line dipasang dua buah sensor yaitu satu buah dipasang tepat di garis start  atau di depan ban pembalap dan satu lagi dipasang di belakang ban pembalap untuk mengantisati pembalap yang mundur pada saat akan melakukan start.

STOPWATCH TIMER

Stopwatch timer merupakan salah satu piranti utama dalam suatu lomba, mengingat hasil dari lomba ini berdasarkan waktu yang dihasilkannya. Dan selisih waktu yang dihasilkannya hanya seperratusan bahkan bisa  hanya seperribuan detik saja.
Stopwatch ini terdiri dari tiga buah stopwatch yang berdiri sendiri-sendiri dan dikemas dalam satu wadah. Stopwatch ini mendapat signal dari lampu start dalam waktu yang bersamaan pada saat itu juga perhitungan waktu mulai dilakukan. Dua buah stopwatch dihubungankan dengan sensor finish yang diletakkan tepat pada garis finish. Pada saat pembalap melewati garis finish secara otomatis waktu pada stopwatch berhenti dan waktu itu dikirimkan ke komputer. Sedangkan stopwatch yang lain dihubungkan dengan switch finish di pencet secara manual oleh dua orang petugas, dan ini hanya digunakan sebagai waktu backup yang secara otomatis akan mencetak pada printer.

SOFTWARE & KOMPUTER

Software ini dibuat khusus hanya untuk kegiatan Drag Bike atau Drag Race,  pada software ini sudah bisa terhubung dan menerima data waktu yang dikirimkan dari Stopwatch timer. Selain itu software ini juga dipersiapkan untuk menampilkan hasil waktu yang diperoleh dari tiap-tiap pembalap pada setiap Racenya.
            Komputer yang dipergunakan sudah dipersiapkan khusus dengan mempunyai option conector video out, sehingga dapat flexible dipergunakan pada tiap televisi.




Spesifikasi Peralatan

NO
KETERANGAN
SAT
JML

BAGIAN START


1
Lampu Star
Set
1
2
Sensor Jump Start
Set
4
3
Besi penyangga sensor jump Star
bh
6
4
Switch Pemicu Star + Kabel
Set
1
5
Box Distibutor Start
Bh
1
6
Kabel Lampu to Distributor
M
15
7
Kabel Power Sensor Start
Set
2
8
Kabel Power Lampu Star
Bh
1





BAGIAN FINISH


1
Box Distributor Finish
Bh
1
2
Sensor Finish
Set
4
3
Besi penyangga sensor Finish
Bh
3
4
Kabel Distributor to Stopwacth
M
15
5
Stopwacth Timer
Bh
1
6
Swicth Backup
Bh
2
7
Kabel Stopwacth to Komputer
Bh
2
8
Power Supplay Stopwacth
Bh
1
9
Laptop  PII dgn conector TV out
Bh
1





Kabel Lampu Start to Box Distributor Finish
M
200

0 komentar:

Posting Komentar